Lab. CSL

Lt. 3 Gd. C

1. Latar Belakang 

Laboratorium Keterampilan Klinik (CSL) merupakan satu diantara 7 laboratorium yang ada di Fakultas Kedokteran.Laboratorium CSL adalah laboratorium yang digunakan sebagai tempat pembelajaran keterampilan klinik pada mahasiswa kedokteran, yang merupakan jantung dari system pelayanan kesehatan.

Mengingat peran penting yang harus dijalankan oleh laboratorium pada bidang pendidikan, penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat,maka diperlukan suatu perencanaan pengelolaan kegiatan laboratorium selama satu tahun. Perencanaan ini disusun sedemikian rupa untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada saat ini. Perencanaan ini juga disesuaikan dengan renstra lima tahun laboratorium,sehingga berbagai kegiatan yang berkaitan dengan laboratorium sebagai sebuah organisasi selama satu tahun dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

Permasalahan krusial yang sedang dihadapi laboratorium saat ini, masih sama dengan masalah tahun lalu, diantaranya kurangnya kemampuan manajerial pengelola laboratorium sesuai standar pengelolaan laboratorium yang mengacu ke standar ISO 17025, kurangnya peralatan laboratorium yang akan digunakan untuk mendukung pengembangan penelitian, serta kurangnya ruang dan fasilitas penunjang diruang penelitian.

Oleh karena itu, untuk menjawab berbagai permasalahan tersebut, pada tahun ini laboratorium akan melaksanakan beberapa program kegiatan.

Program kegiatan laboratorium ini berisi rancangan kegiatan pengelolaan laboratorium rutin dan tambahan yang bersifat tentatif.

Kegiatan tambahan ini akan diajukan dalam Term of Reference (TOR) laboratorium Keterampilan Klinik tahun 2016.Program tahunan pengelolaan laboratorium ini dibuat agar digunakan sebagai acuan kerja bagi pengelolaan kegiatan yang telah direncanakan.

 2. Isu Strategis

Perencanaan kegiatan pengelolaan tahunan laboratorium Keterampilan klinik memiliki isu strategis sebagai berikut:

  • Mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan agenda kerja laboratorium.
  • Pengembangankemampuan manajerial staf pengelola dan teknisi laboratorium.
  • Pengembangan kualitas layanan laboratorium terhadap para pemangku kepentingan Baik mahasiswa,staf dosen,kalangan maupun masyarakat umum.
  • Peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana laboratorium untuk mendukung peningkatan kualitas layanan laboratorium.

3. Kegiatan yang akan dilaksanakan

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun meliputi kegiatan rutin yaitu perencanaan kebutuhan peralatan dan bahan habis pakai yang akan digunakan selama satu tahun, kegiatan praktikum mahasiswa, kegiatan penelitian dan pengabdian yang melibatkan laboratorium, kegiatan perawatan peralatan laboratorium serta inventarisasi penggunaan bahan habis pakai. Kegiatan penyusunan SOP laboratorium juga direncanakan masih akan dikerjakan pada tahun ini. Selain kegiatan rutin tersebut, pada tahun ini juga direncanakan kegiatan tambahan yaitu kegiatan  pengembangan sumber daya manusia di laboratorium yang meliputi kegiatanpelatihan pengelolaan laboratorium. Selain itu, pada tahun ini juga direncanakan akan dilakukan pengadaan barang inventaris laboratorium dan perbaikan ruang dan fasilitas penunjang. Waktu pelaksanaan kegiatan ini bersifat tentatif karena disesuaikan dengan jadwal akademik dan anggaran fakultas kedokteran.

Perencanaan kebutuhan peralatan dan bahan habis pakai dilaksanakan setiap tahun ajaran baru pada bulan Juli sampai Agustus. Kegiatan ini dimulai dengan rapat koordinasi dengan dosen mata kuliah terkait dengan materi yang akan dipraktikumkan selama dua semester (semester ganjil dan genap). Berdasarkan materi yang akan dipraktikumkan tersebut, barulah disusun rencana kebutuhan peralatan dan bahan habis pakai yang akan digunakan.Pada proses perencanaan ini juga akan disusun rencana perbaikan dan penambahan peralatan yang akan diajukan pada tahun depan serta penambahan sarana dan prasarana untuk mendukung perbaikan pelayanan.

Kegiatan praktikum meliputi kegiatan penyampaian materi terkait praktikum yang akan dilakukan, percobaaan yang menggunakan peralatan maupun yang tidak menggunakan peralatan yang terkait denganKeterampilan klinik kedokteran, praktikum yang melakukan ketrampilan sesuai dengan pemeriksaan yang mendukung dalam praktik kedokteran. Materi praktikum yang diberikan disesuaikan dengan materi semester yang sedang berjalan sehingga akan memudahkan pembelajaran mahasiswa. Kegiatan ujian akhir praktikum juga dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah dipraktikumkan.

Kegiatan penelitian meliputi seluruh kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen pada bidang Kedokteran, baik menggunakan peralatan maupuntidak menggunakan peralatan yang melibatkan laboratoriumdalam kegiatan tersebut. Sedangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi seluruh kegiatan pengabdian yang melibatkan laboratorium dalam kegiatan yang dilakukan.

Kegiatan perawatan peralatan laboratorium meliputi perawatan rutin peralatan yangmencakup kegiatan pembersihan alat, penyimpanan alat serta pengecekan fungsi alat. Selainitu kegiatan perawatan juga perbaikan alat jika terjadi kerusakan kecil yang masih dapat ditanggulangi maupun pengajuan perbaikan alat jika terjadi kerusakan yang memerlukan perbaikan oleh teknisi yang lebih berkompeten.Kegiatan inventarisasi bahan habis pakai meliputi kegiatan pencatatan pemakaian bahan habis pakai untuk berbagai kegiatan dan kegiatan pemeriksaan kualitas bahan dan reagen habis pakai.

Kegiatan pembuatan SOP pemeriksaan sampel, SOP penggunaan, perawatan dan penyimpanan peralatan dan bahan habis pakai dan  dan penyusunan dokumen mutu yang merujuk ke ISO 18025 dilakukan sebagai kegiatan tambahan yang direncanakan bersifat kontinue setiap tahunnya.

4. Jadwal Rencana Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Bulan Ket.
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agst Sept Okt Nov Des
Persiapanpelaksanaan X X
Praktikum X X X X X X X X Praktikumsesuaiblok
Penelitian Waktutentatif
Pengabdian X X X X X Waktutentatif
Perawatanperalatan X X X X X X X X X X X X Dilakukansetiapbulan
Inventarisasi BHP X X X X X X X X X X X X Dilakukansetiapbulan
Pelatihan pengelolaan laboratorium Waktu tentatif
Pelatihan pengembangan praktikum keterampilanklinik Waktu tentatif
Pengadaan barang inven Waktu tentatif

 

5.  Indikator Keberhasilan Program

Keberhasilan pelaksanaan program kerja tahunan ini dapat diketahui melalui beberapa indicator yaitu:

  • Tercapainya kepuasan pengguna laboratorium pada kegiatan praktikum, baik dosen maupun mahasiswa.
  • Tercapainya kepuasan pengguna laboratorium pada kegiatan penelitian, baik dosen maupun mahasiswa.
  • Tercukupinya kebutuhan peralatan laboratorium untuk kegiatan praktik umum ataupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  • Tersedianya bahan habis pakai yang mencukupi guna menunjang terlaksananya kegiatan   praktikum.
  • Tersedianya data inventarisasi peralatan laboratorium.
  • Tersedianya data penggunaan bahan habis pakai di laboratorium.
  • Terdapat SOP penggunaan peralatan dan bahan habis pakai di laboratorium.